Conveyor Belt Sebagai Bagian Dari Alat Berat Industri

Conveyor belt merupakan alat industrial yang memiliki fungsi dasar untuk memindahkan material atau hasil produksi dari satu lini produksi ke lini produk berikutnya. DIdalam industry, keberadaan conveyor diperuntukkan untuk meningkatkan efisiensi waktu dan produktivitas. Selain itu, juga meminimalisir factor human.

Walaupun demikian, conveyor belt yang dibutuhkan setiap industry tentunya berbeda beda. Baik dari segi design belt maupun dari segi mekanisme. Sebagai contoh, conveyor belt untuk industry food and beverage, contoh pengolahan ikan konsumsi, haruslah menggunakan conveyor belt yang memenuhi kriteria food safety. Sedangkan conveyor yang dipergunakan untuk keperluan warehouse cukup menggunakan conveyor roller besi saja.

Beberapa jenis conveyor belt yang umum dijumpai di dunia industry antara lain:

  • Gravity roller conveyor

Jenis conveyor ini sesuai namanya menggunakan aplikasi gravitasi alami sebagai mekanisme pemindahan material. Komponen yang umumnya digunakan hanyalah roller-roller besi ataupun roller stanless steel yang disusun secara teratur disepanjang jalur. Dalam hal perhitungan, metode ini sangat memerlukan ketepatan dalam perhitungan inklinasi dan berat material yang dipindahkan agar material dapat dipindahkan secara efisien.

  • Belt conveyor

Conveyor ini menggunakan belt atau sabuk sebagai tempat dudukan material. Conveyor dengan dudukan belt atau sabuk ini banyak digunakan jika material yang hendak dipindahkan cukup kecil dimensinya. Material belt yang digunakan juga beragam, mulai dari anyaman besi atau stainless steel, karet atau rubber, plastic atau upvc material bahkan ada yang menggunakan tekstil. Pemilihan bahan material tergantung kepada material yang hendak dipindahkan dan design atau rancangan mekanisme yang digunakan.

  • Bucket Conveyor

Type conveyor ini lebih umum dijumpai di industry perkebunan misalnya Pengolahan Kelapa Sawit. Type ini sudah cukup jarang dijumpai karena tergantikan oleh belt ataupun screw (ulir). Selain itu, untuk industry perkebunan, alat berat seperti hoist crane juga telah mengganti fungsi conveyor ini karena material bucket dapat diangkat oleh hoist crane yang lebih multi direction.

Material yang umum digunakan sebagai belt untuk belt conveyor

Masih terdapat beberapa type conveyor lagi yang tidak disebutkan disini karena memiliki fungsi yang lebih spesifik contohnya dust-proof conveyor. Sebelumnya disebutkan mengenai material belt conveyor, beberapa jenis material yang biasa di pergunakan sebagai belt antara lain :

  • Plastik

Material ini bersifat mudah dibentuk dan umumnya dibentuk bebentuk anyaman atau jaring. Dengan fleksibilitas bentuk yang mengikuti lintasan conveyor, material plastik ini cukup sering dijumpai karena salah satu faktornya adalah harga yang cukup murah juga. Tetapi dari segi ketahanan maupun kekuatan bahan masih dibawah material lainnya.

  • Textile Rubber atau Karet

Bahan karet ini merupakan material yang jauh lebih kuat disbanding material plastilk. Dengan harga yang lebih mahal dibanding material plastic, material karet ini memiliki ketahanan slip dan beban yang jauh lebih baik. Hal ini memungkinkan pembebanan yang lebih berat serta material tidak mudah tergelincir. Kelemahan dari material ini adalah tidak tahan panas atau mudah meleleh.

  • Kawat baja

Material ini juga umum digunakan di industry. Terutama industry yang memerlukan mobilisasi material yang lebih berat. Dari segi ketahanan material, jelas material kawat baja ini jauh lebih baik daripada plastic maupun karet. Selain itu, jenis conveyor kawat baja juga dapat menyesuaikan dengan kondisi lintasan. Kekurangan dari jenis conveyor belt ini adalah kemampuan mengangkat material berukuran kecil. Sama halnya dengan conveyor belt anyaman plastic, conveyor belt ini memiliki rongga yang dapat menyebabkan material-material kecil jatuh ke dalam rongga. Masih terdapat berbagai jenis dan ragam conveyor belt maupun material yang digunakan seperti bucket conveyor. Untuk informasi lebih detail mengenai type dan jenis conveyor belt dapat di baca melalui artikel lain. Dan jika anda membutuhkan berbagai macam conveyor belt anda bisa menemukannya di Indotrading.com yang merupakan direktori bisnis terbesar di Indonesia dan anda dapat langsung menghubungi para supplier.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *